Langsung ke konten utama

Membuat Modul Di Bonfire

      Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang bonfire, kali ini saya mau lanjutin tentang membuat modul insert, update, delete. Kalau biasanya yang pernah membuat program CRUD di code igniter, kita pasti membuat controller,model dan view untuk aplikasi CRUD yang kita buat. Namun di bonfire kita dipermudah dengan adanya code builder yang memudahkan kita membuat modul tanpa menulis kode mulai dari Nol. Berikut contohnya.
  1. Masuk ke menu admin aplikasi bonfire anda. Dan klik menu Developer-> Code Builder, kemudian klik new module. Maka akan ada tampilan seperti berikut.
    di atas module name adalah isian untuk nama modul yang akan agan buat, module table adalah tabel untuk modul yang akan agan gunakan di database untuk menyimpan data.Untuk pilihan lebih lanjut bisa klik link toggle advance Option dan klik build the module
  2. Kemudian akan muncul isian tentang jumlah nama,jumlah kolom dan tipe data tabel yang akan digunakan di database dan klik Build the module
  3. Dan bila selesai maka di menu code builder, akan ada modul seperti berikut
    jika sudah,maka di menu content akan ada module yang anda buat tadi lengkap dengan operasi CRUD. Dan silahkan buka di folder application/modul. Maka akan ada folder modul yang anda buat lengkap dengan folder model,view,controller,helper dan folder yang lain yang di butuhkan untuk modul agan.










Naah...bagaimana ?? mudah bukan ?? setelah modul selesai, untuk customize modul bisa agan oprek kode yang ada dengan modal pengetahuan anda tentang Codeigniter. Selamat bereksperimen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Perhitungan Algoritma Perceptron

      Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang algoritma perceptron,kali ini saya akan menulis tentang conto perhitungan manual algoritma perceptron. Untuk contoh kasusnya saya menggunakan data logika AND. Cekidot.... Algoritma      Data yang kita gunakan sebagai contoh adalah data logika AND sebagai berikut: x1 x2 target 0 0 0 0 1 0 1 0 0 1 1 1       tentukan bobot awal secara acak, saya pakai contoh w1 = 0,w2 =0, learning rate = 1, bias = 0,maksimal epoh = 10. Disini saya memakai fungsi aktivasi undak biner. Epoh ke 1 Data ke satu x = {0,0}, bobot w = {0,0},b=0,target = 0 y_in = (x1*w1)+(x2*w2)+b = (0*0)+(0*0)+0 = 0 y = sign(0) = 1 karena y != target maka hitung error dan update bobot  error = target - y = 0 - 1 = -1 w1_baru = w1_lama +(learning_rate*error*x1)                = 0 ...

Contoh Perhitungan Algoritma Learning Vector Quantization

Melanjutkan tulisan saya tentang algoritma Learning Vector Quantization yang lalu, kali ini saya akan melanjutkan dengan contoh perhitungan manual. Berikut ini contoh data yang akan kita hitung. No X1 X2 X3 X4 target 1 0 1 1 0 0 2 0 0 1 1 1 3 1 1 1 1 0 4 1 0 0 1 1 pada contoh di atas, saya menggunakan 4 data sebagai data training beserta target yang bertujuan untuk mendapatkan bobot yang akan digunakan pada proses klasifikasi. Bobot awal adalah { 1, 1, 1, 0} dan { 1, 0, 1, 1} dengan learning rate 0,05 dengan fungsi pembelajaran = 0,1. Pelatihan Iterasi ke 1 1. Data ke 1 { 0, 1, 1, 0} dengan target 0, bobot = {{ 1, 1, 1, 0},{ 1, 0, 1, 1}}      - menghitung bobot untuk masing masing output :          kelas 0 = sqrt(((0-1)^2)+((1-1)^2)+((1-1)^2)+((0-...

Part 7 : Normalisasi Histogram

Menyambung tulisan saya yang sebelumnya tentang pengolahan citra khususnya histogram,kali ini saya lanjutkan tentang Normalisasi histogram.Sebelumnya saya harap agan sudah mengerti tentang histogram.Jika belum bisa di baca dulu di tulisan saya sebelumnya di sini . Normalisasi Histogram adalah menskalakan nilai piksel secara linear untuk menggunakan secara penuh jangkauan yang tersedia. Rumus :  Keterangan : n k= nilai grayscale dari piksel ke k(k = 0,1,2,3....) min = nilai grayscale terkecil yang diperoleh dari histogram max = nilai grayscale terbesar L = range nilai grayscale citra Contoh perhitungan : dari tabel di atas,nilai min adalah 2 yaitu nilai grayscale terkecil dari citra dan max adalah 5 s = 0 - 2 /5 - 2 =0 (untuk n = 0)  hasil = 0 x 7(nilai maksimal grayscale) = 0 sk = 3 - 2 /5 - 2 = 0.333  (untuk n = 3) hasil = 0.333 x 7 = 2 keterangan : 7 adalah range grayscale dari citra,dan untuk banyak kasus biasanya memakai 255. Tujuan Normalisasi...