Langsung ke konten utama

OpenCV di Netbeans


Selamat Siang Pemirsa...

jumpa lagi dengan saya di awal tahun 2015 ini.Gimana awal tahunnya ?? menyenangkan atau malah parah ??yang pasti awal tahun adalah hari hari yang sibuk karena lagi musim UAS.Hehehe

DI awal tahun ini saya lagi mau nulis tentang OpenCV.

Apa itu OpenCV ??

Kalo belum ngerti tentang OpenCV tanya dulu deh sama Google.Kelamaan ntar kalo saya harus jelasin dari awal.
OpenCV adalah library yang digunakan untuk pengolahan citra (Computer Vision ) yang dapat digunakan untuk berbagai platform dan bahasa (C++,Phyton,Java,Android,Dll).OpenCV bisa di Download Gratis di website resminya di sini.Bisa agan pilih sesuai OS yang agan gunakan.

Setelah selesai di download,jalankan/ekstrak file ke folder yang agan suka.contoh kalo saya di direktori C:\
dan seperti inilah directori OpenCV yang selesai di ekstrak


di sana  ada 2 direktori,
  • build,adalah direktori tempat library siap pakai yang bisa agan gunakan untuk project opencv agan agan sesuai dengan bahasa yang agan gunakan.Juga ada folder doc yang  berisi dokumentasi yang disediakan OpenCV untuk penggunaan OpenCV di Bahasa C++
  • Source,adalah direktori penyimpanan source code mentah opencv 
untuk penggunaan di java agan bisa buka di direktori build -> java disana ada file jar yang digunakan dalam project yang akan agan buat dan folder x64 dan x86 adalah berisi library yang digunakan di dalam program nanti

Untuk penjelasan awal tentang OpenCV saya rasa cukup sekian dulu.Kita lanjut di tulisan saya selanjutnya tentang OpenCV.See You

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Perhitungan Algoritma Perceptron

      Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang algoritma perceptron,kali ini saya akan menulis tentang conto perhitungan manual algoritma perceptron. Untuk contoh kasusnya saya menggunakan data logika AND. Cekidot.... Algoritma      Data yang kita gunakan sebagai contoh adalah data logika AND sebagai berikut: x1 x2 target 0 0 0 0 1 0 1 0 0 1 1 1       tentukan bobot awal secara acak, saya pakai contoh w1 = 0,w2 =0, learning rate = 1, bias = 0,maksimal epoh = 10. Disini saya memakai fungsi aktivasi undak biner. Epoh ke 1 Data ke satu x = {0,0}, bobot w = {0,0},b=0,target = 0 y_in = (x1*w1)+(x2*w2)+b = (0*0)+(0*0)+0 = 0 y = sign(0) = 1 karena y != target maka hitung error dan update bobot  error = target - y = 0 - 1 = -1 w1_baru = w1_lama +(learning_rate*error*x1)                = 0 + (1*(-1)*0) = 0 w2_baru = w2_lama +(learning_rate*error*x2)                = 0+(1*(-1)*0) = 0

Contoh Perhitungan Algoritma Learning Vector Quantization

Melanjutkan tulisan saya tentang algoritma Learning Vector Quantization yang lalu, kali ini saya akan melanjutkan dengan contoh perhitungan manual. Berikut ini contoh data yang akan kita hitung. No X1 X2 X3 X4 target 1 0 1 1 0 0 2 0 0 1 1 1 3 1 1 1 1 0 4 1 0 0 1 1 pada contoh di atas, saya menggunakan 4 data sebagai data training beserta target yang bertujuan untuk mendapatkan bobot yang akan digunakan pada proses klasifikasi. Bobot awal adalah { 1, 1, 1, 0} dan { 1, 0, 1, 1} dengan learning rate 0,05 dengan fungsi pembelajaran = 0,1. Pelatihan Iterasi ke 1 1. Data ke 1 { 0, 1, 1, 0} dengan target 0, bobot = {{ 1, 1, 1, 0},{ 1, 0, 1, 1}}      - menghitung bobot untuk masing masing output :          kelas 0 = sqrt(((0-1)^2)+((1-1)^2)+((1-1)^2)+((0-0)^2)) = 1         kelas 1 = sqrt(((0-1)^2)+((1-0)^2)+((1-

Pemrograman Berorientasi Object - Overloading dan Overriding

       Function atau method overloading dan override adalah fitur yang sangat mendasar dan berguna dari bahasa OOP manapun. Dalam tutorial ini kita akan membahas implementasi metode overloading dan override di php. Di sini pertama kita akan membahas dasar-dasar overloading dan override. Setelah eksplorasi dasar kita akan menerapkan overloading dan override di php. Sebelum melangkah lebih jauh, saya mengasumsikan bahwa Anda memiliki pengetahuan dasar tentang class dan pewarisan di php. Anda juga memiliki pemahaman tentang magic method di php. Magic method karena overloading di php bisa di implmentasikan dengan menggunakan magic method. Overriding        Arti dasar dari overriding di OOP sama dengan arti kata sebenarnya. Dalam arti kata sebenarnya dari overriding adalah menggantikan perilaku orang tua yang sama pada anak. Ini sama dengan override method di OOP. Dalam arti OOP, override adalah mengganti method class induk di class anak. Atau dengan method kata kunci sederhana yang me