Langsung ke konten utama

Image Capture With OpenCV Java


Halo Pemirsa,Jumpa lagi dengan saya.Melanjutkan tulisan saya yang sebelumnya tentang OpenCV,kali ini saya mau nulis tentang Image Capture dengan OpenCV.

Jadi kali ini saya buat aplikasi sederhana untuk mengambil gambar menggunakan camera dengan library OpenCV yang di tulisan saya sebelumnya sudah di download.

Langsung aja ke TKP,cekidot...

Udah pada punya Netbeans dan udah bisa buat project kan ??kalo belum bisa saya cuma bisa berkata "terlalu.....".

Pertama buat project java 
 


seletah project terbentuk klik kanan pada library dan klik add jar dan pilih file jar yang ada di folder opencv/build/java 

dan hasilnya seperti ini
 

 setelah itu kita bisa mulai menulis koding


gak usah jelasin ulang yah ?? itu udah tak jelasin di samping barisnya berupa komentar.Hehehe...
dan kalo di running dan tidak ada masalah,nanti webcamp akan beberapa saat aktif dan mengambil gambar dan di command akan muncul tulisan seperti ini
 
 dan di folder project agan akan ada file Capture.jpg hasil pengambilan gambar
 dan kalo lagi apes,dan muncul kayak gini
 

itu berarti kita belum meload library yang ada di folder openCV/build/java/x64(untuk 64 bit).
jadi kita perlu mengatur classpath library yang kita perlukan.

Klik kanan project dan pilih properties kemudian run.Edit isi VM Options dengan nilai seperti yang di gambar.Karena saya pake 64 bit jadi saya pake yang di folder x64,untuk yang 32 bit bisa gunakan yang di x84 lalu klik OK.

 Setelah itu bisa di running lagi projectnya.

Sementara sekian dulu tulisan dari saya.Kita lanjutkan di lain kesempatan.See You....

Komentar

  1. mas punya saya kok highgui tidak membaca ya, kenapa itu mas , kirim lewat email secepatnya ya. buat skripsi mas.makasih .

    BalasHapus
  2. mas punya saya kok highgui tidak membaca ya, kenapa itu mas , kirim lewat email secepatnya ya. buat skripsi mas.makasih . email saya kikiindra30@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. library opencv nya udah di import belum mas ?? mungkin librarynya belum di import

      Hapus
  3. highuinya gak kebaca mas , apakah mungkin tidak ada di libabry opencv

    BalasHapus
    Balasan
    1. highgui huruf depannya huruf besar mas,coba cek lagi penulisan functionnya. Java casesensitive soalnya

      Hapus
    2. saya tau java sensitif , tapi ketika ctrl spasi tidak ada libabry highguinya?? apa yang salah ya mas??

      Hapus
    3. sampean salah ketik functionnya,coba cek dan bandingkan dengan screenshot program di atas,pasti agan salah nulis huruf depan function yang harusnya huruf kapital agan tulis pake huruf kecil

      Hapus
  4. Sori gan..kok highgui nya kok ga muncul ya?

    BalasHapus
  5. atau ngaruh mas untuk versi opencvnya , saya pakai versi 300

    BalasHapus
  6. mas ini webnya aktif gak,.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. aktif mas, cuma saya udah lama banget gak main openCV, kwatir udah lupa

      Hapus
    2. oh gitu ya mas,. heheh
      okesiap2.

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. mas ini untuk programnya tanpa ada tombol2 yah. run aplikasinya langsung nge take picturenya bukan,.?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Perhitungan Algoritma Perceptron

      Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang algoritma perceptron,kali ini saya akan menulis tentang conto perhitungan manual algoritma perceptron. Untuk contoh kasusnya saya menggunakan data logika AND. Cekidot.... Algoritma      Data yang kita gunakan sebagai contoh adalah data logika AND sebagai berikut: x1 x2 target 0 0 0 0 1 0 1 0 0 1 1 1       tentukan bobot awal secara acak, saya pakai contoh w1 = 0,w2 =0, learning rate = 1, bias = 0,maksimal epoh = 10. Disini saya memakai fungsi aktivasi undak biner. Epoh ke 1 Data ke satu x = {0,0}, bobot w = {0,0},b=0,target = 0 y_in = (x1*w1)+(x2*w2)+b = (0*0)+(0*0)+0 = 0 y = sign(0) = 1 karena y != target maka hitung error dan update bobot  error = target - y = 0 - 1 = -1 w1_baru = w1_lama +(learning_rate*error*x1)                = 0 + (1*(-1)*0) = 0 w2_baru = w2_lama +(learning_rate*error*x2)                = 0+(1*(-1)*0) = 0

Contoh Perhitungan Algoritma Learning Vector Quantization

Melanjutkan tulisan saya tentang algoritma Learning Vector Quantization yang lalu, kali ini saya akan melanjutkan dengan contoh perhitungan manual. Berikut ini contoh data yang akan kita hitung. No X1 X2 X3 X4 target 1 0 1 1 0 0 2 0 0 1 1 1 3 1 1 1 1 0 4 1 0 0 1 1 pada contoh di atas, saya menggunakan 4 data sebagai data training beserta target yang bertujuan untuk mendapatkan bobot yang akan digunakan pada proses klasifikasi. Bobot awal adalah { 1, 1, 1, 0} dan { 1, 0, 1, 1} dengan learning rate 0,05 dengan fungsi pembelajaran = 0,1. Pelatihan Iterasi ke 1 1. Data ke 1 { 0, 1, 1, 0} dengan target 0, bobot = {{ 1, 1, 1, 0},{ 1, 0, 1, 1}}      - menghitung bobot untuk masing masing output :          kelas 0 = sqrt(((0-1)^2)+((1-1)^2)+((1-1)^2)+((0-0)^2)) = 1         kelas 1 = sqrt(((0-1)^2)+((1-0)^2)+((1-

Pemrograman Berorientasi Object - Overloading dan Overriding

       Function atau method overloading dan override adalah fitur yang sangat mendasar dan berguna dari bahasa OOP manapun. Dalam tutorial ini kita akan membahas implementasi metode overloading dan override di php. Di sini pertama kita akan membahas dasar-dasar overloading dan override. Setelah eksplorasi dasar kita akan menerapkan overloading dan override di php. Sebelum melangkah lebih jauh, saya mengasumsikan bahwa Anda memiliki pengetahuan dasar tentang class dan pewarisan di php. Anda juga memiliki pemahaman tentang magic method di php. Magic method karena overloading di php bisa di implmentasikan dengan menggunakan magic method. Overriding        Arti dasar dari overriding di OOP sama dengan arti kata sebenarnya. Dalam arti kata sebenarnya dari overriding adalah menggantikan perilaku orang tua yang sama pada anak. Ini sama dengan override method di OOP. Dalam arti OOP, override adalah mengganti method class induk di class anak. Atau dengan method kata kunci sederhana yang me