Langsung ke konten utama

Latihan Algoritma Dasar ( Membuat Segitiga )

Selamat malam pemirsa,jumpa lagi dengan saya.Kali ini saya mau mengajak agan agan untuk sejenak mengingat algoritma perulangan dan perkondisian.

Agan pernah disuruh buat program seperti ini ??

Kalo iya kira kira kapan ??
Kali ini saya mau mengajak agan agan sejenak kembali ke masa masa awal kita belajar pemrograman.Mungkin program seperti ini sudah usang.Tapi jujur deh pasti dulu kelewatan buat program yang seperti ini.Karena biasanya terlalu ambisi buat belajar program yang canggih,sampai lupa gak nyoba yang paling dasar seperti ini (pengalaman pribadi).Hehehe...

Oke deh langsung aja saya kasih screen shoot kode program yang sudah saya buat barusan.Cekidot...
  
Program 1

 
Output



Program 2

 

Output




Program 3

 

Output
 

Nah..Kalo ada lagi yang bentuk lain,bisa dicoba sendiri deh.Sebenarnya tulisan ini terinspirasi gara gara kemarin pas interview kerja ditanya buat yang beginian.Udah ditanya rancangan database,konsep OOP,dan lain lain bisa kejawab,giliran pertanyaan buat program yang begituan gak kejawab.Efek gak mau habisin materi dasar sih,hehehe.Saya harap pengalaman saya tersebut tidak terjadi sama agan agan semua waktu melamar kerja.Dan tips dari saya kali ini...

" Mulailah belajar sesuatu dari hal hal dasar dan jangan pernah lewatkan setiap detail langkahnya"

Akhir kata,sampai jumpa dilain kesempatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Perhitungan Algoritma Perceptron

      Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang algoritma perceptron,kali ini saya akan menulis tentang conto perhitungan manual algoritma perceptron. Untuk contoh kasusnya saya menggunakan data logika AND. Cekidot.... Algoritma      Data yang kita gunakan sebagai contoh adalah data logika AND sebagai berikut: x1 x2 target 0 0 0 0 1 0 1 0 0 1 1 1       tentukan bobot awal secara acak, saya pakai contoh w1 = 0,w2 =0, learning rate = 1, bias = 0,maksimal epoh = 10. Disini saya memakai fungsi aktivasi undak biner. Epoh ke 1 Data ke satu x = {0,0}, bobot w = {0,0},b=0,target = 0 y_in = (x1*w1)+(x2*w2)+b = (0*0)+(0*0)+0 = 0 y = sign(0) = 1 karena y != target maka hitung error dan update bobot  error = target - y = 0 - 1 = -1 w1_baru = w1_lama +(learning_rate*error*x1)                = 0 + (1*(-1)*0) = 0 w2_baru = w2_lama +(learning_rate*error*x2)                = 0+(1*(-1)*0) = 0

Contoh Perhitungan Algoritma Learning Vector Quantization

Melanjutkan tulisan saya tentang algoritma Learning Vector Quantization yang lalu, kali ini saya akan melanjutkan dengan contoh perhitungan manual. Berikut ini contoh data yang akan kita hitung. No X1 X2 X3 X4 target 1 0 1 1 0 0 2 0 0 1 1 1 3 1 1 1 1 0 4 1 0 0 1 1 pada contoh di atas, saya menggunakan 4 data sebagai data training beserta target yang bertujuan untuk mendapatkan bobot yang akan digunakan pada proses klasifikasi. Bobot awal adalah { 1, 1, 1, 0} dan { 1, 0, 1, 1} dengan learning rate 0,05 dengan fungsi pembelajaran = 0,1. Pelatihan Iterasi ke 1 1. Data ke 1 { 0, 1, 1, 0} dengan target 0, bobot = {{ 1, 1, 1, 0},{ 1, 0, 1, 1}}      - menghitung bobot untuk masing masing output :          kelas 0 = sqrt(((0-1)^2)+((1-1)^2)+((1-1)^2)+((0-0)^2)) = 1         kelas 1 = sqrt(((0-1)^2)+((1-0)^2)+((1-

Pemrograman Berorientasi Object - Overloading dan Overriding

       Function atau method overloading dan override adalah fitur yang sangat mendasar dan berguna dari bahasa OOP manapun. Dalam tutorial ini kita akan membahas implementasi metode overloading dan override di php. Di sini pertama kita akan membahas dasar-dasar overloading dan override. Setelah eksplorasi dasar kita akan menerapkan overloading dan override di php. Sebelum melangkah lebih jauh, saya mengasumsikan bahwa Anda memiliki pengetahuan dasar tentang class dan pewarisan di php. Anda juga memiliki pemahaman tentang magic method di php. Magic method karena overloading di php bisa di implmentasikan dengan menggunakan magic method. Overriding        Arti dasar dari overriding di OOP sama dengan arti kata sebenarnya. Dalam arti kata sebenarnya dari overriding adalah menggantikan perilaku orang tua yang sama pada anak. Ini sama dengan override method di OOP. Dalam arti OOP, override adalah mengganti method class induk di class anak. Atau dengan method kata kunci sederhana yang me