Langsung ke konten utama

Ilmu VS Pekerjaan


Selamat siang,jumpa lagi dengan saya.Mengawali tulisan saya di bulan Desember ini,saya lagi kepengen sebentar keluar dari tulisan tulisan saya sebelumnya.

Sebelumnya coba tanya pada diri kita,apa yang sebenarnya kita cari di bangku kuliah.Gelar ,pekerjaan?? atau ilmu ??

Gelar memang penting,karena itu untuk menunjang karir kita di pekerjaan yang pada akhirnya penghasilan kita.Tapi apa kita mau dapat gelar aja tanpa ilmu ?? Punya gelar dan punya ilmu dua duanya memang tidak menjamin bahwa kelak hidup kita kaya.Rejeki itu sudah ada yang mengatur,tapi kalo ilmu kita sendiri yang mengusahakan.

Kalo ibaratnya hidup itu jalan,kita sama sama jalan.Urusan kita pakai mobil atau sepeda itu urusan rejeki dari tuhan.walaupun kita jalan cuma pake sepeda,tapi kalo kita udah paham tentang jalan itu pasti kita jalannya lancar dan gak tersesat.Dan meski kita jalan pake mobil tapi kalo gak menguasai medan apa kita bisa jalan ?? dan begitu juga dengan ilmu.Meski hidup gak kaya kaya amat,tapi minimal kita sudah tahu dan mengerti tentang jalan hidup yang kita jalani.dengan begitu hidup pasti lebih mudah meski gak kaya kaya amat.

Sementara cukup sekian dulu coretan saya kali ini.Sekedar pengobat kangen sama blog.Semoga bermanfaat.See you.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Perhitungan Algoritma Perceptron

      Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang algoritma perceptron,kali ini saya akan menulis tentang conto perhitungan manual algoritma perceptron. Untuk contoh kasusnya saya menggunakan data logika AND. Cekidot.... Algoritma      Data yang kita gunakan sebagai contoh adalah data logika AND sebagai berikut: x1 x2 target 0 0 0 0 1 0 1 0 0 1 1 1       tentukan bobot awal secara acak, saya pakai contoh w1 = 0,w2 =0, learning rate = 1, bias = 0,maksimal epoh = 10. Disini saya memakai fungsi aktivasi undak biner. Epoh ke 1 Data ke satu x = {0,0}, bobot w = {0,0},b=0,target = 0 y_in = (x1*w1)+(x2*w2)+b = (0*0)+(0*0)+0 = 0 y = sign(0) = 1 karena y != target maka hitung error dan update bobot  error = target - y = 0 - 1 = -1 w1_baru = w1_lama +(learning_rate*error*x1)                = 0 + (1*(-1)*0) = 0 w2_baru = w2_lama +(learning_rate*error*x2)                = 0+(1*(-1)*0) = 0

Contoh Perhitungan Algoritma Learning Vector Quantization

Melanjutkan tulisan saya tentang algoritma Learning Vector Quantization yang lalu, kali ini saya akan melanjutkan dengan contoh perhitungan manual. Berikut ini contoh data yang akan kita hitung. No X1 X2 X3 X4 target 1 0 1 1 0 0 2 0 0 1 1 1 3 1 1 1 1 0 4 1 0 0 1 1 pada contoh di atas, saya menggunakan 4 data sebagai data training beserta target yang bertujuan untuk mendapatkan bobot yang akan digunakan pada proses klasifikasi. Bobot awal adalah { 1, 1, 1, 0} dan { 1, 0, 1, 1} dengan learning rate 0,05 dengan fungsi pembelajaran = 0,1. Pelatihan Iterasi ke 1 1. Data ke 1 { 0, 1, 1, 0} dengan target 0, bobot = {{ 1, 1, 1, 0},{ 1, 0, 1, 1}}      - menghitung bobot untuk masing masing output :          kelas 0 = sqrt(((0-1)^2)+((1-1)^2)+((1-1)^2)+((0-0)^2)) = 1         kelas 1 = sqrt(((0-1)^2)+((1-0)^2)+((1-

Pemrograman Berorientasi Object - Overloading dan Overriding

       Function atau method overloading dan override adalah fitur yang sangat mendasar dan berguna dari bahasa OOP manapun. Dalam tutorial ini kita akan membahas implementasi metode overloading dan override di php. Di sini pertama kita akan membahas dasar-dasar overloading dan override. Setelah eksplorasi dasar kita akan menerapkan overloading dan override di php. Sebelum melangkah lebih jauh, saya mengasumsikan bahwa Anda memiliki pengetahuan dasar tentang class dan pewarisan di php. Anda juga memiliki pemahaman tentang magic method di php. Magic method karena overloading di php bisa di implmentasikan dengan menggunakan magic method. Overriding        Arti dasar dari overriding di OOP sama dengan arti kata sebenarnya. Dalam arti kata sebenarnya dari overriding adalah menggantikan perilaku orang tua yang sama pada anak. Ini sama dengan override method di OOP. Dalam arti OOP, override adalah mengganti method class induk di class anak. Atau dengan method kata kunci sederhana yang me