Langsung ke konten utama

Instalasi Symfony 1.4

      Selamat pagi, lama banget rasanya saya gak nulis di blog ini. Mungkin karena akhir akhir ini lagi sibuk sama berbagai kegiatan jadi belum sempat update tulisan di blog ini. Mumpung kali ini lagi agak longgar, saya mau nambah coretan baru tentang framework php.

     Kenapa framework ? apa ada yang salah dengan php native ? untuk jawaban pertanyaan tersebut saya kira sudah banyak di bahas di blog lain salah satunya di sini. Dan framework php pun ada buanyak banget dan gratis. Ada yang buatan Indonesia sendiri, ada yang dari luar. namun kali ini saya akan membahas tentang symfony versi 1.4 yang kebetulan sedang saya pakai di tempat kerja. Langsung aja Cekidot.

  1. Silahkan download package symfony 1.4 yang saya pakai di sini  atau yang versi asli di sini.
  2. Untuk tutorial instalasi versi asli bisa di lihat di sini 
  3. Extrak file hasil download ke dalam folder webserver agan, contoh saya pakai xampp jadi saya extrak di c:\\xampp\htdocs\
  4. Rename sesuai dengan nama project yang akan agan buat.
  5. Buka cmd dan masuk ke direktori hasil extrak tadi.
  6. kemudian ketik perintah berikut "lib\vendor\symfony\data\bin\symfony generate:project nama_project --orm=Propel" tanpa tanda petik. nama_project adalah nama folder project yang ari hasil extrak file zip tadi. Propel adalah ORM yang di gunakan.
  7. setelah generate selesai, maka struktur folder akan menjadi seperti berikut.
  8. penjelasan struktur folder sebagai berikut.
     
      Di symfony, satu project bisa terdiri dari banyak aplikasi. Contoh: dalam project SIM terdapat aplikasi frontend untuk aplikasi yang bisa dilihat oleh orang umum, aplikasi backend untuk aplikasi manajemen data oleh admin dll. Untuk membuat aplikasi terlebih dahulu harus mengatur file koneksi database. File konfigurasi database terdapat pada  file databases.yml di dalam folder config. Silahkan di configurasi sesuai database anda.

      Sementara cukup sekian tulisan saya kali ini, semoga masih ada kesempatan lain untuk melanjutkan tulisan ini. Sampai jumpa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Perhitungan Algoritma Perceptron

      Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang algoritma perceptron,kali ini saya akan menulis tentang conto perhitungan manual algoritma perceptron. Untuk contoh kasusnya saya menggunakan data logika AND. Cekidot.... Algoritma      Data yang kita gunakan sebagai contoh adalah data logika AND sebagai berikut: x1 x2 target 0 0 0 0 1 0 1 0 0 1 1 1       tentukan bobot awal secara acak, saya pakai contoh w1 = 0,w2 =0, learning rate = 1, bias = 0,maksimal epoh = 10. Disini saya memakai fungsi aktivasi undak biner. Epoh ke 1 Data ke satu x = {0,0}, bobot w = {0,0},b=0,target = 0 y_in = (x1*w1)+(x2*w2)+b = (0*0)+(0*0)+0 = 0 y = sign(0) = 1 karena y != target maka hitung error dan update bobot  error = target - y = 0 - 1 = -1 w1_baru = w1_lama +(learning_rate*error*x1)                = 0 + (1*(-1)*0) = 0 w2_baru = w2_lama +(learning_rate*error*x2)                = 0+(1*(-1)*0) = 0

Contoh Perhitungan Algoritma Learning Vector Quantization

Melanjutkan tulisan saya tentang algoritma Learning Vector Quantization yang lalu, kali ini saya akan melanjutkan dengan contoh perhitungan manual. Berikut ini contoh data yang akan kita hitung. No X1 X2 X3 X4 target 1 0 1 1 0 0 2 0 0 1 1 1 3 1 1 1 1 0 4 1 0 0 1 1 pada contoh di atas, saya menggunakan 4 data sebagai data training beserta target yang bertujuan untuk mendapatkan bobot yang akan digunakan pada proses klasifikasi. Bobot awal adalah { 1, 1, 1, 0} dan { 1, 0, 1, 1} dengan learning rate 0,05 dengan fungsi pembelajaran = 0,1. Pelatihan Iterasi ke 1 1. Data ke 1 { 0, 1, 1, 0} dengan target 0, bobot = {{ 1, 1, 1, 0},{ 1, 0, 1, 1}}      - menghitung bobot untuk masing masing output :          kelas 0 = sqrt(((0-1)^2)+((1-1)^2)+((1-1)^2)+((0-0)^2)) = 1         kelas 1 = sqrt(((0-1)^2)+((1-0)^2)+((1-

Pemrograman Berorientasi Object - Overloading dan Overriding

       Function atau method overloading dan override adalah fitur yang sangat mendasar dan berguna dari bahasa OOP manapun. Dalam tutorial ini kita akan membahas implementasi metode overloading dan override di php. Di sini pertama kita akan membahas dasar-dasar overloading dan override. Setelah eksplorasi dasar kita akan menerapkan overloading dan override di php. Sebelum melangkah lebih jauh, saya mengasumsikan bahwa Anda memiliki pengetahuan dasar tentang class dan pewarisan di php. Anda juga memiliki pemahaman tentang magic method di php. Magic method karena overloading di php bisa di implmentasikan dengan menggunakan magic method. Overriding        Arti dasar dari overriding di OOP sama dengan arti kata sebenarnya. Dalam arti kata sebenarnya dari overriding adalah menggantikan perilaku orang tua yang sama pada anak. Ini sama dengan override method di OOP. Dalam arti OOP, override adalah mengganti method class induk di class anak. Atau dengan method kata kunci sederhana yang me