Langsung ke konten utama

Part 2 : Implementasi Grayscale dengan Java

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatu...

Jumpa lagi dengan saya,karena lagi kangen kangennya nih nulis makanya sehari aja udah buat 2 tulisan.Nganjutin tulisan saya sebelumnya tentang Pengolahan citra,kali ini saya akan membahas tentang grayscale.

Apa itu citra grayscale ??

Grayscale adalah citra dengan warna piksel dengan rentang gradasi antara hitam dan putih dan kalau dalam angka antara 0-255.Contoh :
Contoh Citra Grayscale

Citra grayscale mempunyai nilai Red,Green dan Blue yang sama antara 0-255.Algoritma Grayscale :
  1. Load gambar
  2.  x = panjang gambar,y = lebar gambar
  3. ambil RGB dari setiap piksel(y,x) 
  4. ambil rata rata Grey = (Red + Green+Blue)/3
  5. set nilai RGB untuk piksel(y,x) dengan nilai Grey setRGB(grey,grey,grey)
  6. ulangi langkah 3-5 sampai semua piksel terbaca
untuk inplementasi dengan java kira kira seperti ini :


   1. import library yang di butuhkan

  
    2.Buat Class dan Variable yang di butuhkan
        
        public class PengolahanCitra {
              BufferedImage image;
              String namegray="grayscale.jpg";
               int width,height;
             public PengolahanCitra(String file){

              }
       public static void main(String[]args){
            PengolahanCitra obj=new PengolahanCitra("sampel4.jpg");
           }
        }

    3. load gambar dan set nilai variable di construktor


   4. Buat prosedure grayscale
   5. Panggil prosedure object dan prosedure dengan input url image yang akan di olah

Naah seperti itulah kira kira implementasinya menurut versi saya.Untuk implementasi dari algoritma ada di prosedure grayscale.Koding sengaja saya jadikan gambar agar agan agan mau mencoba ngoding langsung ( Sebenernya juga karena saya males ngoding ulang disini,hehehe.....).

Sekian dulu deh postingan saya kali ini.Semoga bermanfaat dan gak bosan bosan lihat postingan saya yang yaahh...mungkin agak gak penting.Sampai jumpa...Salam Super ( kayak Mario Teguh,hehehe).





Komentar

  1. paham materi tentang pascal gak bang? kalo paham share-share lah :)

    BalasHapus
  2. waah...kalo pascal belum pernah nyoba gan....next time pasti dicicipin,hehehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Perhitungan Algoritma Perceptron

      Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang algoritma perceptron,kali ini saya akan menulis tentang conto perhitungan manual algoritma perceptron. Untuk contoh kasusnya saya menggunakan data logika AND. Cekidot.... Algoritma      Data yang kita gunakan sebagai contoh adalah data logika AND sebagai berikut: x1 x2 target 0 0 0 0 1 0 1 0 0 1 1 1       tentukan bobot awal secara acak, saya pakai contoh w1 = 0,w2 =0, learning rate = 1, bias = 0,maksimal epoh = 10. Disini saya memakai fungsi aktivasi undak biner. Epoh ke 1 Data ke satu x = {0,0}, bobot w = {0,0},b=0,target = 0 y_in = (x1*w1)+(x2*w2)+b = (0*0)+(0*0)+0 = 0 y = sign(0) = 1 karena y != target maka hitung error dan update bobot  error = target - y = 0 - 1 = -1 w1_baru = w1_lama +(learning_rate*error*x1)                = 0 + (1*(-1)*0) = 0 w2_baru = w2_lama +(learning_rate*error*x2)                = 0+(1*(-1)*0) = 0

Contoh Perhitungan Algoritma Learning Vector Quantization

Melanjutkan tulisan saya tentang algoritma Learning Vector Quantization yang lalu, kali ini saya akan melanjutkan dengan contoh perhitungan manual. Berikut ini contoh data yang akan kita hitung. No X1 X2 X3 X4 target 1 0 1 1 0 0 2 0 0 1 1 1 3 1 1 1 1 0 4 1 0 0 1 1 pada contoh di atas, saya menggunakan 4 data sebagai data training beserta target yang bertujuan untuk mendapatkan bobot yang akan digunakan pada proses klasifikasi. Bobot awal adalah { 1, 1, 1, 0} dan { 1, 0, 1, 1} dengan learning rate 0,05 dengan fungsi pembelajaran = 0,1. Pelatihan Iterasi ke 1 1. Data ke 1 { 0, 1, 1, 0} dengan target 0, bobot = {{ 1, 1, 1, 0},{ 1, 0, 1, 1}}      - menghitung bobot untuk masing masing output :          kelas 0 = sqrt(((0-1)^2)+((1-1)^2)+((1-1)^2)+((0-0)^2)) = 1         kelas 1 = sqrt(((0-1)^2)+((1-0)^2)+((1-

Pemrograman Berorientasi Object - Overloading dan Overriding

       Function atau method overloading dan override adalah fitur yang sangat mendasar dan berguna dari bahasa OOP manapun. Dalam tutorial ini kita akan membahas implementasi metode overloading dan override di php. Di sini pertama kita akan membahas dasar-dasar overloading dan override. Setelah eksplorasi dasar kita akan menerapkan overloading dan override di php. Sebelum melangkah lebih jauh, saya mengasumsikan bahwa Anda memiliki pengetahuan dasar tentang class dan pewarisan di php. Anda juga memiliki pemahaman tentang magic method di php. Magic method karena overloading di php bisa di implmentasikan dengan menggunakan magic method. Overriding        Arti dasar dari overriding di OOP sama dengan arti kata sebenarnya. Dalam arti kata sebenarnya dari overriding adalah menggantikan perilaku orang tua yang sama pada anak. Ini sama dengan override method di OOP. Dalam arti OOP, override adalah mengganti method class induk di class anak. Atau dengan method kata kunci sederhana yang me