Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2015

Membuat Modul Di Bonfire

      Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang bonfire, kali ini saya mau lanjutin tentang membuat modul insert, update, delete. Kalau biasanya yang pernah membuat program CRUD di code igniter, kita pasti membuat controller,model dan view untuk aplikasi CRUD yang kita buat. Namun di bonfire kita dipermudah dengan adanya code builder yang memudahkan kita membuat modul tanpa menulis kode mulai dari Nol. Berikut contohnya. Masuk ke menu admin aplikasi bonfire anda. Dan klik menu Developer-> Code Builder, kemudian klik new module. Maka akan ada tampilan seperti berikut. di atas module name adalah isian untuk nama modul yang akan agan buat, module table adalah tabel untuk modul yang akan agan gunakan di database untuk menyimpan data.Untuk pilihan lebih lanjut bisa klik link toggle advance Option dan klik build the module Kemudian akan muncul isian tentang jumlah nama,jumlah kolom dan tipe data tabel yang akan digunakan di database dan klik Build the module Dan bila selesai maka

Instalasi Bonfire V0.7

     Sudah pernah dengar Bonfire ? atau mungkin sudah coba ? kalau belum tahu sama sekali dengan Bonfire, baiknya coba kenalan dulu deh sama bonfire pasti gak bakal nyesel.       Bonfire adalah sebuah paket aplikasi "siap pakai" yang dibuat dari Framework PHP Codeigniter. Siap pakai di sini bukanlah CMS seperti wordpress atau joomla yang tinggal rubah sedikit dan bisa di upload untuk di onlinekan, tapi sebuah aplikasi yang telah build in dengan user managemen dan disertai dengan code builder yang memudahkan programmer membuat modul modul tanpa menulis kode dari Nol. Namun ketika akan menggunakan bonfire kita harus punya dasar pemrograman Codeigniter yang menjadi core / inti dari bonfire ini. Untuk lebih jelasnya tentang bonfire ini bisa di lihat langsung di situs resminya di http://cibonfire.com/ .      Langsung aja kita praktek instalasi Bonfire. Download dulu file bonfire di situs resminya. Exsrak dan taruh di direktori web server anda.(Biasanya di htdocs jika me

Rewrite URL di Code Igniter

      Agan agan sudah pernah pakai code igniter ?? sudah ngerti url default dari code igniter kan ?? kalo belum saya kasih lihat kayak ini nih... http://localhost/perpustakaan/index.php/pengarang/get_pengarang diari url di atas mungkin agan berfikiran untuk membuang index.php dan belum berhasil ?? kali ini saya coba tulis pengalaman saya tentang masalah ini.       Sebelumnya, saya juga udah muter muter nyoba tutorial yang ada di internet cuma buat ngebuang index.php dari url project saya tapi semua GAGAL. Entah karena saya yang gak lengkap copynya, atau mungkin laptop saya yang kurang update, tapi yang jelas semuanya GAGAL. Dan sampai akhirnya saya nemu satu dan berhasil tapi saya lupa url sumbernya dan untuk itu saya mohon maaf untuk keteledoran saya ini.Langsung aja deh ke TEKAPE.       Saat saya menulis tulisan ini,saya menggunakan code igniter versi 2.2.0 dan untuk versi yang lain saya tidak memberi garansi. Langkah langkahnya sebagai berikut. buat file .htaccess di

Algoritma Pembentukan Bangun Geometri

Umumnya persamaan garis lurus pada koordinat kartesius diwujudkan dalam persamaan garis : y=m.x+b. Jika dimisalkan pada dua titik(x0,y0 dan x1,y1) akan dibuat sebuah garis lurus, kita dapat menentukan nilai “m’ dan “b” dengan persamaan berikut: m= y1-y0 / x1-x0 b=y1 – m.x1 Algoritma untuk menggambar garis pada komputer didasarkan pada dua persamaan di atas. dimana m adalah gradien atau kemiringan garis tersebut. 1.Algoritma DDA              Algoritma digital differential analyzer(DDA), Prinsip algoritma ini adalah mengambil nilai integer terdekat dengan jalur garis berdasarkan atas sebuah titik yang telah ditentukan sebelumnya(titik awal garis). Algoritma pembentukan garis DDA: 1. Tentukan dua titik yang akan dihubungkan dalam pembentukan garis. 2. Tentukan salah satu titik sebagai awal(x_awal,y_awal) dan titik      akhir(x_akhir,y_akhir). 3. Hitung Dx=x_akhir – x_awal, dan Dy= y_akhir – y_awal. 4. Tentukan langkah, yaitu dengan cara jarak maksimum jumlah penambahan

Implementasi Algoritma Bressenham Dengan Java Dan OpenGL

 Selamat siang pemirsa....!! mau bagi bagi tugas lagi nich,hehehe.... program ini adalah tugas saya di kuliah Pemrograman Komputer Grafis membuat Garis dengan Algoritma Bressenham.Mungkin masih kurang sempurna,tapi lumayan bisa buat referensi teman teman yang mungkin lagi sibuk Ubek ubek google.program ini saya buat pake java netbeans dengan plugin OpenGL.Kalau belum ngerti cara pake OpenGL di Netbeans,bisa dibaca di sini Langsung saja di simak source programnya import com.sun.opengl.util.Animator ; import java.awt.Frame ; import java.awt.event.WindowAdapter ; import java.awt.event.WindowEvent ; import javax.media.opengl.GL ; import javax.media.opengl.GLAutoDrawable ; import javax.media.opengl.GLCanvas ; import javax.media.opengl.GLEventListener ; import javax.media.opengl.glu.GLU ; public class Bressenham implements GLEventListener { public static void main ( String [] args ) { Frame frame = new Frame ( "Bresse

JOGL Untuk Netbeans 7.2

Selamat malam pemirsa, tulisan ini merupakan tulisan yang saya pindah dari blog saya yang lama. Sobat Pernah Belajar Pemrograman grafis dengan OpenGL...?? kira kira mudah Gak ?? hehehe...sebenarnya ini pengalaman pribadi saya waktu ada kuliah Pemrograman Komputer Grafis.Naah...dosen saya ternyata ngajaknya main main di OpenGL.berhubung saya kurang faham OpenGL saya mencoba cari cari informasi cara ngawinin OpenGL sama Netbeans soalnya saya baru bisa dikit dikit pake java.Untungnya Om Saya (Google) bisa jawab kegalauan saya.Saya di Kasih tau soal JOGL. Apa itu JOGL..?? JOGL adalah library OpenGL untuk java yang biasanya dipakai di netbeans. untuk Downloadnya silahkan download  di sini. atau kalo gak cocok dengan netbeans versi anda,bisa di download di sini .Anda bisa memilih sesuai dengan netbeans versi anda.  ScreenShootnya seperti ini Cara instal : jalankan Aplikasi Netbeans (Saya Menggunakan Netbeans 6.7.1, saat ini Netbeans 6.8 beta sudah di rilis) Klik –

Implementasi Algoritma MidPoint di java Untuk Lingkaran

Selamat malam pemirsa, malam ini mumpung lagi agak males ngapa ngapain saya mau bersih bersih blog. Tulisan ini sebenarnya sudah saya tulis lama banget di blog saya yang lama dan kali ini saya pindah ke yang baru biar kumpul. Langsung aja ke TEKAPE... lingkaran ini memang hanya lingkaran.tapi proses pembuatannya itu yang bikin kepala puyeng.Ini sebenarnya tugas di pemrograma grafik mungkin bisa di jadikan referensi buat teman teman yang sedang membutuhkan. oke cekidot.... Algoritma mid Point adalah algoritma untuk membuat lingkaran.Jika masih belum begitu faham bisa di baca di Sini . untuk implementasinya dengan java seperti di bawah ini.Koding berikut bukan full dari koding yang saya buat.Hanya saya masukkan intinya saja supaya anda bisa berkreasi sendiri dengan ide kreatif anda. public void midpoint ( GLAutoDrawable drawable , int radius , int xcenter , int ycenter ){ //method untuk algoritma midpoint Lingkaran c = new Lingkaran (); GLCanvas